Senin, 28 Februari 2011

profil sekolahku,,,

Profil SMKN 05 Makassar

Profil STM.Pembangunan – SMKN5
Mari kita lihat profil sekolah menengah kejuruan yang berada di jalan sunu no. 162 Makassar ini, yang satu-satunya sekolah menengah teknologi pembangunan di luar Jawa. ada 8 STM pembangunan di Indonesia . Tujuh di jawa dan satu di luar Jawa yaitu di Makassar.
Pada awal berdirinya SMKN. 5 Makassar yang berlokasi di Jalan Sunu No. 162 ini dikenal dengan nama STM Pembangunan Ujung Pandang yang pada saat itu membina 5 jurusan dengan masa belajar 4 tahun. Ke lima jurusan tersebut adalah:
  1. Jurusan Bangunan
  2. Jurusan Elektronika Komunikasi
  3. Jurusan Listrik Industri
  4. Jurusan Mesin Konstruksi, dan
  5. Jurusan Otomoti.
Kelima jurusan ini dikenal dengan singkatan BELMO.
Pada tahun 1997 STM Pembangunan Ujung Pandang berubah nama menjadi SMKN. 5 Makassar berdasarkan nomenklatur menteri P & K. dimana Semua sekolah kejuruan dinamai SMK dan SMA menjadi SMU, dengan nomor: 036/0/1997.
Pada undang-undang sisdiknas tanggal 7 juli 1999 SMU kembali berubah nama menjadi SMA; sedangkan SMK tetap bernama SMK.
Seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan pasar, maka kelima jurusan di SMKN. 5 Makassar dikembangkan menjadi 11 progam keahlian dengan masa studi 4 tahun, yakni:
  1. Program Studi Keahlian Konstruksi Bangunan;
  2. Program Studi Keahlian Gambar Bangunan;
  3. Program Studi Keahlian Elektronika Industri;
  4. Program Studi Keahlian Teknologi Komputer dan Jaringan;
  5. Program Studi Keahlian Mekatronika;
  6. Program Studi Keahlian Listrik Industri;
  7. Program Studi Keahlian Teknik Pendingin dan Tata Udara;
  8. Program Studi Keahlian Teknik Pemesinan;
  9. Program Studi Keahlian Leknik Las;
  10. Program Studi Keahlian Kendaraan Ringan;
  11. Program Studi Keahlian Mekanik Alat Berat;
Berdasarkan spektrum kurikulum 2009, terjadi perubahan nama dari PROGRAM STUDI KEAHLIAN menjadi KOMPETENSI KEAHLIAN
B. Bagaimana SMKN. 5 Makassar?
SMK Negeri 5 Makassar melayani Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa serta Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Dengan pelayanan inilah, SMKN. 5 Makassar terus mengembangkan diri seiring dengan perkembangan teknologi dengan malakoni beberapa program sebagai berikut :
  1. Program keahlian Konstruksi Bangunan membina dan melatih siswa dalam bidang keahlian pembangunan gedung, menghitung rancangan anggaran biaya, mempelajari mekanika teknik gedung, beton dll yang berhubungan dengan bangunan.
pada kurikulum 1984 yang diterapkan lebih kurang 10 tahun disekolah ini, pada bidang keahlian Bangunan terdiri dari jurusan Bangunan Gedung dan Bangunan Air. Bangunan Air ini pernah ada di STM Pembagunan, yang jurusan ini mempelajari tentang pembanguan jembatan, pengairan dsb yang berhubungan dengan pembangunan di bagian air.
2.    Program keahlian Gambar Bangunan membina dan melatih siswa   pada bidang gambar gedung, rumah dsb. Alumni jurusan konstruksi bangunan dan gambar bangunan banyak diterima di perusahaan-perusahaan pada bidang infrastruktur, developer, kantor PU dan instansi lain yang membutuhkan.
3    Program keahlian Elektronika Industri membina dan melatih siswa di bidang rekayasa teknologi elektronika, memperbaiki televisi, radio, vidio, komputer dan alat-alat elektronik lainnya.
Tamatan jurusan ini banyak diterima di perusahaan elektronik, di indosat, dan banyak juga yang membuka usaha sendiri yang bergerak di bidang reparasi elektronik.
  1. Program keahlian Teknologi Komputer dan Jaringan membina dan melatih khusus pada rekayasa komputer dan jaringan melatihan. melatih merakit komputer.
Tamatan jurusan ini banyak bekerja pada peusahaan komputer, dan instansi pemerintah dan swasta yang membutuhkan
  1. Program keahlian Mekatronika membina dan melatih siswa dibidang elektronika dan pemesinan. pada saat ini jurusan tersebut baru memasuki tahun ketiga. Diharapkan alumni jurusan tersebut dapat diterima di perusahaan yang bergerak dibidang elektronika dan pemesinan.
  2. Program keahlian Listrik Industri membina dan melatih siswa di bidang kelistrikan, memasang instalasi listrik, memperbaiki alat-alat listrik, dsb.
Kebanyakan alumni jurusan ini bekerja pada PLN, dan kontraktor di bidang kelistrikan, dan beberapa instansi pemerintah dan swasta.
  1. Program keahlian Teknik Pendingin dan Tata Udara membina dan melatih siswa di bidang perbaikan air conditioning, refrigerator dan alat- alat listrik yang berhubungan dengan teknik pendingin.
Alumni jurusan ini bekerja di hotel- hotel dan perusahaan yang memerlukan teknisi di bidang pendingin. banyak juga yang membuka usaha sendiri di bidang reparasi kulkas dan ac.
  1. Program keahlian Mesin Konstruksi atau Teknik Pekerjaan Logam membina dan melatih siswa di bidang  pekerjaan logam seperti membuat mur, baut baik menggunakan mesin bubut maupun dengan menggunakan CNC computer numerical control yakni membuat mur, baut,dan alat –alat dengan menggunakan mesin yang dikendalikan oleh komputer.
Alumni jurusan ini banyak bekerja di perusahaan pembuatan kapal.
  1. Program keahlian Teknik Las membina dan melatih siswa dalam pekerjaan pengelasan. alumni jurusan ini banyak bekerja pada peusahaan yang memerlukan tenaga pengelasan, juga banyak yang berwiraswasta di bidang bengkel pembuatan pagar besi, dll.
10.  Program keahlian Mekanik Otomotif/Kendaraan Ringan membina dan melatih siswa  di bidang perbaikan mesin otomotif baik roda dua maupun roda empat. Program ini juga membuka jurusan otomotif yang bekerja sama dengan Astra International. pada jurusan yang sangat banyak peminatnya ini menolorkan alumni yang banyak bekerja pada perusahaan bengkel-bengkel dan juga banyak yang berdiri sendiri sebagai usahawan yang berhasil di bidang otmotif.
11. Program keahlian Mekanik Alat Berat membina dan melatih siswa di bidang Mekanik Alat Berat cikal bakalnya nanti menjadi seorang Teknisi Alat Berat yang Profesional. Dan saat ini alumninya banyak terserap di industri Alat Berat khususnya di industri pertambangan dan workshop Alat Berat seperti PT. Trakindo Utama, PT. Freeport, PT. Hexindo Adiperkasa, PT. United Tractors, PT. Newmount NTB, PT. Kaltim Prima Cool, PT. Thieess Balikpapan dll. Jurusan  Mekanik Alat Berat sejak berdirinya telah bekejasama dengan PT. Trakindo Utama dibawah Yayasan Mitratama Jakarta dengan penandatanganan MoU. Dimana sebagian guru telah mengikuti training Basic Mechanic, Power Train dan Engine Rebuild di Training Center Jakarta maupun Makassar. Ini diharapkan dalam rangka mencetak guru/Instruktor Heavy Duty Mechanic yang profesional.
  1. C. Why and What For is SMKN. 5 Makassar
Mengapa dan Untuk Apa SMKN.5 Makassar
SMKN. 5 Makassar dikenal dengan visinya yakni: Menjadi pusat penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan kejuruan teknologi industri  terkemuka di Indonesia.
Adapun Misi yang diembang adalah:
  1. Menyelenggarakan pendidikan regular berdasarkan kurikulum dan standar pendidikan nasional dengan pendekatan cbt.
  2. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan singkat (jangka pendek) melalui program career centre(cc)/ life skill.
  3. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan guru dengan sistem kemitraan dalam rangka sertifikasi kompetensi guru.
  4. Mengembangkan manajemen pendidikan yang mengacu kepada manajemen berbasis sekolah.
  5. Mengembangkan pembinaan kegiatan ekstra kurikuler sebagai penunjang peningkatan prestasi akademik dan non akademik.
Nilai-nilai :
Maju dengan perubahan, keterbukaan dan kebersamaan.
Dalam pengembangan visi dan misi serta nilai-nilai yang dijunjung tinggi ini, didukung oleh tenaga edukatif sebanyak 139 guru dan tenaga administrasi sebanyak 30 pegawai. adapun jumlah siswa yang dibina saat ini sebanyak  1446  siswa.
SMK Negeri 5 Makassar yang dahulu bernama STM PEMBANGUNAN UJUNG PANDANG dibangun mulai 01 April 1969  dan diresmikan pada tanggal 30 Maret 1977 oleh Presiden Republik Indonesia Soeharto
  • · Lama belajar di sekolah ini adal 4 (empat) tahun yang dibagi dalam  8 Semester (dahulu 12 Catur Wulan).
Kurikulum bercirikan :
-  Berorientasi ke dunia Industri dan dunia usaha
-  Pelajaran : Normatif, Adaptif dan Produktif.
-  Pendidikan terpadu di Sekolah dan di Industri
Jurusan (Program Keahlian) yaitu Belmo
-  Bangunan ( Bangunan Gedung, Bangunan Air)
-  Elektronika
-  Listrik Industri
-  Mesin Konstruksi
-  Otomotif.
Nama – Nama Kepala Sekolah
  1. R.M.Slamet Diponegoro                Tahun 1969 -1970
  2. Ir. Wahyudi Ruwiyanto                  Tahun 1970 – 1977
  3. Ir. Arifin Thalib                              Tahun 1978 – 1982
  4. Ir. Marsan Pariseng                        Tahun 1982 – 1989
  5. Drs. Soewarno                               Tahun 1989 – 1995
  6. Ir. Asri Hasib                                 Tahun 1995 – 1997
  7. Drs. Daru Pranoto                          Tahun   1997 – 2003
  8. Drs.H. Chaidir Madja, M.Pd           Tahun 2003 – sekarang
Perubahan Nama (Nomenklatur).
Perubahan nomenklatur dari STM Pembangunan Ujung Pandang menjadi SMK Negeri 5 Ujung Pandang /  Makassar,  yaitu  SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 036/0/1997 Tanggal 7 Januari 1997.  Dengan perubahan  nomenklatur dan sekaligus menjawab  perubahan / kemajuan teknologi serta perubahan permintaan pasar kerja dan penyesuaian Kurikulum,  maka SMK Negeri 5 Makassar mengembangkan jurusan atau program keahlian menjadi 11 sebagai berikut :
No Bidang Keahlian Program Keahlian Ket.
1 Bangunan 1. Gambar Bangunan2. Konst. Batu dan Beton
2 Elektronika 1. Elektronika Industri2. Tek. Jar. Komputer 3. Mekatronika
3 Listrik 1. Listrik Industri2. Refrigration
4 Mesin 1. Teknik Pemesinan2. Teknik Pengelasan
5 Otomotif 1. Mekanik Automotif &Astra2. Mekanik Alat Berat
*. Tenaga Pengajar dan Tenaga adm:
Jumlah Tenaga Pengajar (Guru Tetap  121 orang, Guru Tidak Tetap 18 orang Jumlah 139 orang  dan Tenaga Administrasi Pegawai Tetap 13 orang, Pegawai Tidak tetap 17 orang  jumlah 30  Orang
Guru/Instruktur (D3, S1 , S2)  dari Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, yang telah terlatih pada :
-  TEDC ( P4TK) Malang
-  TEDC ( P4TK) Bandung
-  Fellowship Australia, Austria, London, Holland, Malaysia
*.Siswa SMKN 5 Makassar
adalah tamatan dari : SMP, Tsanawiah ( SMP sederajat) pria dan wanita yang berbakat dan berminat untuk mengembangkan  bakat dan minatnya dalam bidang Teknologi. Jumlah siswa Laki-laki 1383 orang Siswa Perempuan 63 orang Jumlah seluruhnya = 1446 orang
-  Kelas I    = 15 Kelas, Jumlah siswa  =  404 siswa
-  Kelas II   = 15 Kelas, Jumlah siswa  =  348 siswa
-  Kelas III  = 12 Kelas,  Jumlah siswa =  376 siswa
-  Kelas IV =  12 Kelas, Jumlah siswa  =  316 siswa
PRESTASI APA YANG TELAH KITA PEROLEH?
*. Prestasi Sekolah :
  1. Anugerah HUKUM INDONESIA April 2008
  2. SBI MODEL 2008
  3. Prestasi Akademik, Olah Raga dan Seni
NO TINGKAT INTERNASIONAL NAMA PESERTA JUARA WAKTU/TAHUN
1 Brick Laying Word Skill Helsingki Andi Supardi Harp 2005
2 Brick Laying Asean skill Vietnam Andi Supardi II 2004
3 Electronika Asean Skillmalaysia Tino Suheibri II 2008/2009
TINGKAT NASIONAL


1 Brick Laying Andi Supardi I 2004/2005
2 Wall and Floor Tyling Semarang Muhammad Nur I 2004/2005
3 Wall and Floor  Tyling Bali Muh Risal III 2005/2006
4 Automotive Natan W I 2006/2007
5 Wall and floor tyling Bandung Muhammad Ali I 2006/2007
6 Aplikasi elektronik Bandung Usman IV 2006/2007
7 Brick Laying Subriadi Subri IV 2006/2007
8 Automotif lks Rudi Hartono I 22 Jan 2008
9 Refrigration Ibnu Hasyim I 22 jan 2008
10 Listrik Comersial Muh Ridwan II 22 Jan 2008
11 Robotic  (Tim) Arif dan Ivan II 22 Jan 2008
12 Automotif Body Ardiansyah III 22 Jan 2008
13 Wall and Floor Tyling Noprien III 22 Jan 2008

TINGKAT PROFINSI


1 Basket pelajar Tim II 2007
2 Cerdas cermat UUD Tim I 2008
3 Volly ball Tim II 2008
4 Automotif lks Rudi Hartono I 2007
5 Refrigration Ibnu Hasyim I 2007
6 Listrik Comersial Muh Ridwan I 2007
7 Robotic  (Tim) Arif dan Ivan I 2007
8 Automotif Body Ardiansyah I 2007
9 Wall and Floor Tyling Noprin I 2007
10 Design Gambar Agus Salim I 2006/2007
11 Sayembara Pengel Trumbukara Agus Salim I 2006/2007
12 Lomba Pidato Bahasa Ingris Agus Salim ( hari Guru) III 2006/2007
13 Lomba Marching Band SeSulawesi walikota cup Tim I 2008
14 Wall and Floor Tyling lks Noprien III 2007/2008
15 Mekanikotomotif
I 2008/2009
16 Listrik Industri
I 2008/2009
17 Elektronika Industri
I 2008/2009
18 Tek.Jaring. Komputer
I 2008/2009

TINGKAT KOTA MAKASSAR


1 Foot Sall Kaca (kartika candraki Tim I 2009
2 Basket ball pelajar Pop Mie Tim II 2009
3 Gerak jalan Indah hut RI 62 Tim I 2007
4 Gerak jalan siswa Lampion Tim I 2007
5 Basket Ball Tim I 2007
6 Penulisan karya ilmiah siswa Umi I 2007


Demikianlah sekilas pandang tentang profil STMP – SMKN. 5 Makassar, mudah-mudahan dapat menambah kecintaan kita terhadap sekolah ini dan sekolah menengah kejuruan pada umumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar