Senin, 29 Agustus 2011

Korupsi Indonesia

Apakah korupsi di Indonesia akan terhapuskan??
jawaban yang sangat rumit bukan?!! Mengapa begitu??
Karena korupsi pada bangsa ini sudah mendarah daging dan telah membudaya.
Bukan hanya para pejabat,pemerintah dan orang – orang yang bersangkutan yang sering melakukan korupsi.Tetapi,masyarakat pun juga pernah melakukannya,bahkan diri kita sendiri.
Contoh korupsi yang dilakukan oleh masyarakat:
-Korupsi waktu:
-ketika di jalan raya,tidak sedikit orang-orang yang mentaati rambu-rambu lalu lintas seperti menerobos lampu merah.
-Banyak pekerja yang beristirahat melebihi waktu yang ditetapkan,seperti PNS di Negara kita.bahkan tak sedikit dari mereka yang hanya masuk mengisi absen,lalu pulang begitu saja.
-Korupsi Materi:
-Tak sedikit para pelajar/mahasiswa yang kekurangan uang jajanya,sebagian dari mereka menutupi kekuranganya ke hal positif seperti kuliah sambil bekerja atau kuliah sambil berdagang untuk menutupi kebutuhanya.Namun ada pula yang memilih menutupi kekuranganya ke hal yang negative.Membohongi orang tua sering dilakukan oleh para pelajar/mahasiswa demi memenuhi kebutuhan mereka,seperti melebihkan jumlah uang bayaran,alasan membeli buku,mengikuti ekskul bagi para pelajar/kegiatan mahasiswa yang seharusnya tidak dikenakan biaya sedikitpun
-mengedit nota belanja juga sering dilakukan oleh masyarakat kita.

Kita semua tahu,bahkan menyadarinya.namun apa yang kita lakukan??

Untuk mengatasi, menanggulangi, dan memberantas korupsi di Indonesia, berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 30 tahun 2002, pada tahun 2003 pemerintah membentuk suatu komisi yang dinamai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Setelah tim-tim dan komisi-komisi pemberantasan korupsi sebelumnya tidak begitu sukses memberantas korupsi, mulai ada perkembangan pada KPK. Kita tahu, berkat KPK, angka korupsi di Indonesia sedikit demi sedikit mulai berkurang. Semua itu merupakan perkembangan yang cukup baik untuk masa depan bangsa dan negara.Tapi,tentu saja kita sebagai masyarakat Indonesia memiliki peran yang penting untuk membantu KPK dalam memberantas korupsi. Karena di tangan kitalah masa depan bangsa dan negara kita, di tangan kitalah kunci pemberantasan korupsi dan kitalah yang bertanggung jawab atas bangsa dan negara kita. Seperti yang tercantum dalam Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Bab V pasal 41 tentang Peran Serta Masyarakat dalam pemberantasan korupsi.

Masa depan bangsa dan negara Indonesia tergantung dari apa yang terjadi di Indonesia sekarang, dan apa yang dilakukan sekarang. Jika sekarang kita terus membiarkan korupsi merajalela di Indonesia, maka bisa saja beberapa tahun ke depan Indonesia hanya tinggal sejarah karena kacaunya perekonomian Indonesia akibat korupsi. Karena itu, marilah kita perbaiki masa depan bangsa dan negara Indonesia dengan berusaha untuk memberantas korupsi. Kita berikan dukungan pada KPK untuk meningkatkan kinerjanya dalam memberantas korupsi. Jangan sampai di masa depan, Indonesia menjadi negara yang terpuruk karena korupsi. Jangan kotori tangan kita dengan korupsi karena kunci masa depan Indonesia ada di tangan kita sebagai Warga Negara Indonesia.

Maka bukan tidak mungkin di masa depan nanti kita akan merasakan Indonesia yang indah,makmur,adil dan sejahtera.Karena semua orang-orang tidak lagi melakukan korupsi.Tidak lagi ada yang mengambil hak-hak orang lain.Dan bukan tidak mungkin Negara ini akan damai tak ada lagi koruptor,kecurangan-kecurangan,tidak ada kerusuhan-kerusuhan,sekolah gratis hingga perguruan tinggi.Dan yang terpenting tidak ada lagi orang miskin di Negara ini,Semoga saja dalam waktu dekat ini,semua itu terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar